Pusat Informasi Harga HP Android dan Tablet Android dari Samsung, Sony, LG, Blackberry, Smartfren, Advan, Lenovo, Apple, Oppo, Mito, Evercoss, Imo, Nokia, Polytron

MENGATASI MEMORI INTERNAL ANDROID PENUH PADAHAL APLIKASI SEDIKIT

Posting kali ini, saya hanya ingin sekedar berbagi solusi mengatasi memori Internal Android penuh padahal aplikasi yang di Instal hanya sedikit. Beberapa waktu lalu sempat agak heran kenapa Ponsel Android saya memori Internal cepat sekali penuh padahal aplikasi yang saya instal hanya sedikit dan semua aplikasi aplikasi tersebut sudah dipindahkan ke SD Card. Bahkan saya juga menghapus sebagian besar foto dan video rekaman yang ada pada Smartphone Android, setelah di cek di menu Storage pada System Settings, hasilnya tetap "Nihil", dan memori Internal tetap saja penuh (terpakai hampir 1 GB untuk aplikasi yang belum jelas dimana letaknya).


Untuk memeriksa lebih jauh, saya coba menghubungkan perangkat Android ke PC dengan menggunakan kabel USB. Setelah file dicek satu persatu, ternyata yang membuat penuh memori Internal hp Android adalah sebuah folder yang bernama .thumbnails. Pertanyaannya adalah, apa folder .thumnail tersebut ? seberapa pentingkah isi didalam folder .thumbnail untuk Android ? Dan apa akibatnya jika folder itu dihapus ?. Simak ulasan berikut :

MENGENAL FOLDER .THUMBNAIL YANG MENGHABISKAN MEMORI INTERNAL ANDROID.


Folder .thumbnail ini adalah sebuah folder yang terletak di dalam folder DCIM pada memori Internal Android. Folder .thumbnail berisi file .thumbdata dan icon icon foto / gambar dengan resolusi kecil yang muncul pada DCIM / Galeri. Fungsi dari icon icon yang ada pada folder .thumbnail tersebut adalah untuk menyimpan icon gambar dan foto di galeri sehingga jika kita membuka galeri maka proses loading lebih cepat. Selain itu, gambar / foto yang dihapus sebelumnya juga masih ada duplikatnya pada folder .thumbnail ini.

Namun, kerugian yang ditimbulkan adalah, file file dalam folder .thumbnail berukuran sangat besar bisa mencapai ratusan MB hingga lebih dari 1 GB, tentunya akan lebih besar lagi jika anda suka menyimpan banyak foto dan gambar pada Android. Dengan "termakan-nya" kapasitas memori Internal ini tentu akan menyulitkan kita untuk menginstall aplikasi baru atau menyimpan data baru, mengingat memori Internal pada Android sangat terbatas.

Nah, untuk mengatasi memori internal android yang penuh tersebut, kita harus MENGHAPUS semua file dalam folder .thumbnail. Lalu apa akibat yang ditimbulkan jika menghapus file dalam folder .thumbnail ? Pengaruh yang terjadi ketika menghapus .thumbnail adalah proses membuka foto dalam galeri akan melambat, ini hanya akan terjadi sesaat, dan akan kembali normal lagi.

Namun masalah lain akan kembali muncul ketika Anda membuka galeri, secara bertahap folder .thumbnail akan menghabiskan memori lagi, sehingga yang harus dilakukan adalah dengan menghapus file dalam folder .thumbnail lagi, lagi, dan lagi.

CARA MENGHAPUS FILE FOLDER .THUMBNAIL ANDROID


Anda bisa menghapus .thumbnail langsung dari perangkat Android atau melalui PC, dan berikut langkah langkahnya :

MENGHAPUS MEMORI INTERNAL DARI ANDROID

1. Buka File Manager, kemudian pilih Internal Storage - Selanjutnya buka folder DCIM


2. Lalu buka folder .thumbnail dan Hapus semua file yang ada didalamnya.


MENGHAPUS MEMORI INTERNAL DARI PC

Hubungkan perangkat Android Anda dengan USB
Buka Explore
Selanjutnya pilih Media penyimpanan Android anda
Buka DCIM - kemudian hapus file yang berada pada folder .thumbnail

Begitulah cara mengatasi memori Internal Android yang penuh. Selain dari folder .thumbnail, penyebab memori internal pada Andrid penuh adalah terlalu banyak file yang disimpan atau terlalu banyak aplikasi yang di Instal, oleh sebab itu pergunakanlah aplikasi seperlunya saja seperti aplikasi penghasil uang Whaff :), agar kinerja android tetap Optimal. Semoga bermanfaat.

MENGATASI MEMORI INTERNAL ANDROID PENUH PADAHAL APLIKASI SEDIKIT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Agen Pulsa

37 comments:

  1. Help me dong. Memori gw gg blik2 gr2 download app di playtpte tapi ggl. Gmn cra blikinny

    ReplyDelete
  2. Kok di buka dcim nya gaada thumbnailnya ya?

    ReplyDelete
  3. Gaada thumbnailnya.. Ud ngehapus banyak foto n lagu ;A; tp memori masi penuh... Sisanya cm 100-an mb ;A;)

    ReplyDelete
  4. Gak ada thumbnailnya? Padahal muatan memori internal masih banyak dan sudah saya hapus foto dan video yang muatan nya banyak tapi kenapa kalo buka galeri masih tidak bisa? Mohon sarannya!!

    ReplyDelete
  5. Gak ada thumbnailnya? Padahal muatan memori internal masih banyak dan sudah saya hapus foto dan video yang muatan nya banyak tapi kenapa kalo buka galeri masih tidak bisa? Mohon sarannya!!

    ReplyDelete
  6. .Thumbnail itu Hidden folder jadi harus Di detect dulu ada di situ Yang "Lihat File Tersembunyi" itu di ceklis (kalo di smartphone ane )

    btw om mau tanya kok memori internal ane ada 2 yee yang satu 1GB yang atunya lagi 5GB naah kalo pasang apk atau download apa aja Larinya ke 1GB semua pencerahannya dong biar kalo download ama pasang apk larinya ke internal 5GB itu..
    Tolong pencerahannya dong

    ReplyDelete
  7. Mau tanya dong saya udah ikutin cara kayak diatas tapi gak berpengaruh banyak sama memori.a
    Itu gimana ya solusi.a?

    ReplyDelete
  8. ga itu.......malah semuanya jadi nol memori eksternal aku yang tadinya kebaca

    ReplyDelete
  9. Itu yang Thumb nya gak bisa fi hapus secara permanen apa.?

    ReplyDelete
  10. bener banget gan, pas gw cek rincian .thumbnails ukuran lumayan 803MB..
    makasih infonya gan!

    ReplyDelete
  11. NEED HELP HERE!!! Saya habis upload video di akun ig saya. Trs hp saya lemot. Saya langsung close gitu aja. Abis itu saya donlot foto dr google ternyata gak ke save (saya pikir gitu awalnya) sampe saya donlot berkali2 tetep gak ke save. Akhirnyaa saya cek lewal file manager, ADA. Datanya terbaca disana. Trs saya iseng edit pake aplikasi "photogr*d" dan lagi2 foto hasilnya gak muncul di galeri. Itu jg belaku di aplikasi "p*icsart" dan kalau save foto dr bbm. Nah abis itu saya pikir nnt di reboot muncul lg, saya mindahin foto2 duly ke laptop, eh laptop saya mati karna batre habis. Saya langsung cas dan kemudian copy ulang. Setelah selesai, saya mau hapus video2 di hp saya dan ternyata Sd Card are scanning trs. Udh berkali2. Udh di reboot , lepas memori dan saya matian hp saya. Itu knp ya? Apa kena virus atau memori hp saya rusak? Tp untuk foto di kamera biasa yg tersimpan di memori hp bisa kok, terbaca fotonya. Ada yg tau? Ada yg bisa bantu saya? Terimakasih. Saya tunggu balasannya☺

    ReplyDelete
  12. Maaf, bukan lemot tp nge-hang dulu hp saya sebelmnya.

    ReplyDelete
  13. Maaf, bukan lemot tp nge-hang dulu hp saya sebelmnya.

    ReplyDelete
  14. NEED HELP HERE!!! Saya habis upload video di akun ig saya. Trs hp saya lemot. Saya langsung close gitu aja. Abis itu saya donlot foto dr google ternyata gak ke save (saya pikir gitu awalnya) sampe saya donlot berkali2 tetep gak ke save. Akhirnyaa saya cek lewal file manager, ADA. Datanya terbaca disana. Trs saya iseng edit pake aplikasi "photogr*d" dan lagi2 foto hasilnya gak muncul di galeri. Itu jg belaku di aplikasi "p*icsart" dan kalau save foto dr bbm. Nah abis itu saya pikir nnt di reboot muncul lg, saya mindahin foto2 duly ke laptop, eh laptop saya mati karna batre habis. Saya langsung cas dan kemudian copy ulang. Setelah selesai, saya mau hapus video2 di hp saya dan ternyata Sd Card are scanning trs. Udh berkali2. Udh di reboot , lepas memori dan saya matian hp saya. Itu knp ya? Apa kena virus atau memori hp saya rusak? Tp untuk foto di kamera biasa yg tersimpan di memori hp bisa kok, terbaca fotonya. Ada yg tau? Ada yg bisa bantu saya? Terimakasih. Saya tunggu balasannya☺

    ReplyDelete
  15. tanyaa donk .... dulu aku juga pernah hapus thumbnails memory berhasil balik 2GB *mayaakaan..* ,tp akhir2 ini memori kembali penuh lagi mau hapus tumbnails nya tp di pc gak muncul , dan beberapa folder foto juga gak muncul di PC . Ini kenapa yaaa......???

    ReplyDelete
  16. cb unduh cleaner master trus isntal lalu buka dan bersihkan sampah singgahan.. ak yakin pasti bisa dan itu harus di bersihkan stiap beberapa hari biar g numpuk.

    ReplyDelete
  17. Mass minta info cara mengatasi Memory Handphone Internal nggak kebaca MASALAH pada pengunaan kabel data . .. . .

    ReplyDelete
  18. Mas mau tanya Hp saya Lenovo a369i kemarin habis diflash kenapa jadi error ya? setiap aplikasi ada keterangan 0.00b nya. kira kira kenapa ya? Terus di penyimpanan telepon sama sd card nggak bisa nghitung space yg tersisa. Tulisannya ' menghitung' gitu terus. Mohon bantuannya kak. Makasih

    ReplyDelete
  19. Mas mau tanya Hp saya Lenovo a369i kemarin habis diflash kenapa jadi error ya? setiap aplikasi ada keterangan 0.00b nya. kira kira kenapa ya? Terus di penyimpanan telepon sama sd card nggak bisa nghitung space yg tersisa. Tulisannya ' menghitung' gitu terus. Mohon bantuannya kak. Makasih

    ReplyDelete
  20. Gan thumb kok gaada di dcim ya? Tapi memori saya masih penuh sama sampah, pencerahan dong

    ReplyDelete
  21. makasih gan infonya :)


    Download Sekarang Aplikasi Isi Voucher Pulsa , Token , atau Bayar PPOB Melalui Smartphone Android. Mudah di Gunakan , Gak Ribet Gak Pake lama Tunggu Apa Lagi Klik Sekarang https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile

    ReplyDelete
  22. Mas sya mau tanya memori internalnya itu uda saya hpus smuanya pkokx gak ada yang tersisa tapi kok msh selalu muncul pemberitahuan klo memorinya full....sya bingung gak tau mau diapainlagi...

    ReplyDelete
  23. Mas sya mau tanya memori internalnya itu uda saya hpus smuanya pkokx gak ada yang tersisa tapi kok msh selalu muncul pemberitahuan klo memorinya full....sya bingung gak tau mau diapainlagi...

    ReplyDelete
  24. Thumbnails ane gak bosa dihapus. Notif nya tidak ada izin menghapus. Bantu om

    ReplyDelete
  25. Kalo di dcim ga ada thumb nya , silahkan pencarian file thumb, nanti keluar banyak tuh filenya yang ampe bergiga2 , saya udh coba

    ReplyDelete
  26. terimakasih.. sangat membantu sekali.
    Kalau tdk ada folder .thumbnails, coba klik kiri bawah di hp (punya sy lenovo 8200), klik more, klik settings, centang 'hidden directories'. ntar muncul deh folder .thumbnails nya.

    mayaaan.. 1,5 gb bersiih..

    ReplyDelete
  27. HP saya sony Z2, file Thumbnailnya makan memori hampir 5,5GB. Setelah saya ikutin intruksi diatas memang terhapus, namun kembali ada lagi bbrp saat kemudian.
    ini gimana ngatasin nya ya??

    ReplyDelete
  28. gimana dong cara memformat memori tanpa hrus pake komputer karna gak punya

    ReplyDelete
  29. gimana dong cara memformat memori tanpa hrus pake komputer karna gak punya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lihat di gepengkit blodspot kali aja bisa

      Delete
  30. maaf mau tanya...udah inget kata kunci email tapi knp email nggak bisa terkirim ya??...

    ReplyDelete
  31. Terimakasih infonya

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami di nomor 082150065758 (WA) atau 085646675004 atau 081944808466. Bisa juga melewati BBM 2A9BE37C

    ReplyDelete
  32. Gan,di memori inter saya sudah saya centang kata yg tersembunyi tp tetep ga ada jg file thumb nail itu gimana y?

    ReplyDelete